Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Komunikasi Interpersonal Dalam Kelompok Belajar, Studi Regresi: Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2017 Universitas Negeri Jakarta

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Huwayda, Delilah Muthia (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Komunikasi Interpersonal Dalam Kelompok Belajar, Studi Regresi: Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2017 Universitas Negeri Jakarta. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi merupakan proses transfer informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata- kata, gambar, grafik, dan sebagainya. Salah satu jenis komunikasi yaitu Komunikasi Interpersonal. Komunikasi Interpersonal atau komunikasi antar individu adalah komunikasi yang dilakukan secara tatap muka yang dapat terjadi antara anak dan orang tuanya, antara dosen dengan mahasiswa, dan antar mahasiswa. Komunikasi Interpersonal sedang terkendala dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Dunia pendidikan pun terkena dampaknya dan mengharuskan mahasiswa yang memiliki kelompok belajar untuk berdiskusi dan mengikuti pembelajaran melalui daring dengan menggunakan aplikasi Video Conferencing, yaitu antara lain Zoom dan Google Meet. Akibatnya, komunikasi interpersonal dalam kelompok belajar mahasiswa pun terkendala. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 terhadap komunikasi interpersonal dalam kelompok belajar serta berapa besar pengaruhnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 120 Mahasiswa jurusan Manajemen Angkatan 2017 Universitas Negeri Jakarta yang berada dalam kelompok belajar. Dari hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,819. Hal ini menunjukkan bahwa korelasi variabel X terhadap variabel Y adalah sangat kuat dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,671, maka dapat dikatakan bahwa Pembelajaran Daring berpengaruh sebesar 67,1% terhadap Komunikasi Interpersonal dalam Kelompok Belajar dan 32,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19, Komunikasi Interpersonal, Kelompok Belajar

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:31
Last Modified: 15 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item
View Item