Analisis Implementasi Perangkat Big Data dan Artificial Intelligence Pada Strategi Public Relations Kompas Gramedia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Ersya, Devara Bellamy Emil Yafi (2021) Analisis Implementasi Perangkat Big Data dan Artificial Intelligence Pada Strategi Public Relations Kompas Gramedia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disrupsi digital mendorong dunia kepada fase keempat dari revolusi industri yang terus berkembang sejak abad ke-18. Bagi praktisi public relations (PR), disrupsi digital menuntut kompetensi dan literasi bidang teknologi maupun non-teknologi yang seimbang. Salah satu digital platform yang marak mendisrupsi sekaligus menjadi alat bantu kegiatan PR saat ini adalah teknologi big data dan artificial intelligence (AI). Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis implementasi perangkat big data dan AI Kompas Gramedia dalam perspektif hubungan masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus untuk mendapatkan data secara eksploratif. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa Kompas Gramedia menggunakan big data dan AI dalam pelaksanaan strategi bisnis untuk melakukan marketing public relations dan fungsi penjualan yang mengintegrasikan analisis internal dan eksternal untuk mengutilisasi nilai konsumen dan keuntungan perusahaan. Customer relationship management dilakukan oleh Oval Tech yang mengoptimalkan perangkat teknologi dan menggunakan program loyalitas MyValue. Oval Tech juga mengolah seluruh data unit bisnis Kompas Gramedia menjadi satu pintu.

Kata Kunci: Kompas Gramedia, Marketing public relations, Customer relationship management, Program loyalitas, Big data, Artificial intelligence

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:41
Last Modified: 15 Jan 2024 07:07
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item
View Item