Christine, Elissa (2021) Analisis Representasi Pesan Kesetaraan Gender Dalam Film Mulan Versi Live Action. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Kesetaraan gender ditengah masyarakat seringkali masih kurang diperhatikan dan diterapkan. Perempuan dan laki-laki seringkali mendapat perlakuan serta peraturan yang berbeda, film Mulan versi live action dibuat dengan inti pesan beragam yang dapat diambil salah satunya mengenai kesetaraan gender. Representasi pesan kesetaraan gender itulah yang menjadi fokus pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami pesan kesetaraan gender yang direpresentasikan dalam film Mulan versi live action. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan Teori Semiotika Charles Sanders Peirce sebagai teknik analisis data. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik pengumpulan data primer yaitu dokumentasi dan observasi, serta pengumpulan data sekunder yaitu studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan mengenai kesetaraan gender dalam film Mulan ada walaupun tidak ditunjukkan secara langsung, dalam film ditunjukkan proses bagaimana kesetaraan gender dapat terjadi dan bagaimana perempuan serta laki-laki tidak seharusnya diperlakukan dengan cara yang berbeda. Dalam film ini pemeran utama yaitu Mulan merepresentasikan kesetaraan gender dengan berani menunjukkan bahwa perempuan dapat membawa kehormatan bagi keluarganya sama dengan cara seorang laki-laki membawa kehormatan bagi keluarganya.
Kata Kunci: Kesetaraan Gender, Disney, Semiotika, Charles Sanders Peirce, Mulan
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:02 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:18 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1613 |