Strategi Komunikasi Akun Instagram @waste4change Dalam Upaya Membangun Kesadaran Pengikut Untuk Mengelola Sampah Dengan Bertanggung Jawab

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Yohana, Lidia (2021) Strategi Komunikasi Akun Instagram @waste4change Dalam Upaya Membangun Kesadaran Pengikut Untuk Mengelola Sampah Dengan Bertanggung Jawab. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini sampah merupakan salah satu permasalahan dunia yang sangat sulit untuk diselesaikan terutama sampah yang terbuat dari plastik. Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa sampah di indonesia sudah mencapai 64 Juta ton ada 3,2 juta ton yang dibuang ke laut. Karena adanya masalah ini, hadirlah sebuah perusahaan yang peduli mengenai masalah lingkungan yaitu PT. Wasteforchange Alam Indonesia atau yang dikenal dengan Waste4Change, yang berdiri pada tahun 2014. Waste4Change adalah perusahaan dengan tujuan memberi solusi yaitu layanan jasa pengeloaan yang bertanggung jawab bagi masyarakat. Waste4Change memanfaatkan media sosial sebagai salah satu medianya untuk berkomunikasi kepada publik dengan menggunakan teori strategi komunikasi dan 4C’s (context, communication, collaboration, connection) dalam mengoperasikan media sosial dari Chris Heuer. penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi di akun Instagram @waste4change dalam upaya membangun kesadaran pengikut untuk mengelola sampah dengan bertanggung jawab. pesan yang disampaikan berupa foto, vidio, dan caption. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif – deskriptif dengan menggunakan wawancara untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah Waste4Change memiliki strategi dalam berkomunikasi dan juga menerapkan beberapa taktik khususnya dalam pembuatan konten dengan tujuan membangun kesadaran pengikut untuk mengelola sampah dengan bertanggung jawab. Dalam menggunakan Instagram Waste4Change juga mengalami hambatan yaitu bagaimana menyusun pesan agar para pengikut dapat menerima dan mengerti mengenai pesan yang disampaikan dengan mudah.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Instagram, Waste4Change, Kesadaran, Mengelola Sampah Dengan Bertanggung Jawab.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 05:04
Last Modified: 15 Jan 2024 08:09
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item
View Item