Analisis Naratif Strategi Kampanye Politik Film "Our Brand is Crisis"

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Ramadhani, Lisa Amalia Artistry (2021) Analisis Naratif Strategi Kampanye Politik Film "Our Brand is Crisis". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kondisi krisis Covid-19 yang sedang dihadapi Indonesia serta periode kontestasi politik di Indonesia yang semakin dekat yaitu Pilkada 2022 dan Pilpres 2024 sangat sesuai dengan refleksi film “Our Brand is Crisis”. Film ini dipublikasikan pada tahun 2015 dan menceritakan tentang kontestasi pemilihan presiden Bolivia pada tahun 2002. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk menjabarkan dan menilai keberhasilan strategi kampanye politik yang dilakukan oleh tim komunikasi politik Pedro Castillo selaku calon presiden Bolivia dalam film “Our Brand is Crisis” dengan tim konsultan politiknya yang beranggotakan Jane Bodine, Rich, Ben, Nell dan LeBlanc dalam memanfaatkan krisis sebagai narasi utama kampanye. Penulisan ini diharapkan menjadi inspirasi untuk menjalankan strategi politik yang tepat dalam menghadapi kontestasi politik di Indonesia dalam waktu dekat di tengah kondisi krisis pandemi Covid-19 saat ini. Teori utama yang dipilih sebagai dasar untuk analisis penelitian dan penulisan ini adalah Teori Paradigma Naratif dari Walter Fisher. Metode yang digunakan pada proses analisis penelitian ini adalah metode kualitatif naratif dan observasi peristiwa pada film “Our Brand is Crisis” sebagai sebuah refleksi dari realitas. Penelitian ini mengungkapkan strategi kampanye politik dan narasi krisis yang disampaikan secara konsisten dan koheren memenuhi realitas naratif sehingga diterima sebagai kebenaran dan efektif mempersuasi publik untuk memilih Pedro Castillo. Karya ini diharapkan dapat menjadi ide dan gambaran peluang memanfaatkan krisis untuk kontestasi politik di Indonesia.

Kata kunci: Strategi Kampanye, Kampanye Politik, Komunikasi Politik, Personal Branding, Opini Publik, Citra Politik, Analisis Naratif, Walter Fisher

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 05:07
Last Modified: 15 Jan 2024 08:13
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item
View Item