Strategi Nation Branding Dalam Bidang Pariwisata Di Masa Pandemi Melalui Logo Kontekstual Thoughtful Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Tania, Sonya (2022) Strategi Nation Branding Dalam Bidang Pariwisata Di Masa Pandemi Melalui Logo Kontekstual Thoughtful Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di Indonesia. Pandemi COVID-19 berhasil melumpuhkan sektor perekonomian Indonesia, terutama industri pariwisata. Melihat kondisi pariwisata terkena dampak dari pandemi COVID-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berinisiatif untuk menetapkan rebranding pariwisata sementara dari Wonderful Indonesia menjadi Thoughtful Indonesia, sebagai strategi nation branding yang menunjukkan kepedulian pemerintah Indonesia terkait situasi dunia saat pandemi COVID-19 melanda, sebagai sebuah upaya menjaga keberadaan sektor pariwisata Indonesia di mata dunia. Untuk memahami lebih lanjut tentang perubahan logo kontekstual tersebut, maka penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur dengan narasumber yang relevan di bidangnya. Hasil temuan dan kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa upaya rebranding yang dilakukan oleh Kemenparekraf merupakan suatu upaya strategi yang memberikan dampak positif terkait country brand index Indonesia. Namun dalam upaya rebranding tersebut kurang efisien karena tidak ada jawaban jelas terkait apa dampak dan pencapaian yang dibuahkan oleh logo kontekstual tersebut.

Kata Kunci: Pariwisata, Thoughtful Indonesia, Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:33
Last Modified: 03 Jan 2024 10:33
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item
View Item