Strategi Biro Humas Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Melalui Media Sosial

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Auliani, Putri Isfi (2021) Strategi Biro Humas Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Melalui Media Sosial. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan adanya UU Keterbukaan Informasi Publik Nomer 14 Tahun 2008 maka mewajibkan setiap badan publik untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat. Kementerian Pertahanan Republik Indonesua sebagai badan publik wajib untuk memberikan informasi publik lewat Biro Humasnya. Penelitian ini berjudul Strategi Biro Humas Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dalam Mengelola Informasi Publik melalui Media Sosial. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Informasi Organisasi. Fokus Penelitian menggunakan konsep Four Step Public Relations dan 7C’s of PR Communications yang dikemukakan oleh Cutlip, Center dan Broom. Hasil penelitian yang ditemukan adalah pihak Biro Humas Kemhan melakukan beberapa strategi dalam mengelola informasi publik melalui media sosial dengan beberapa tahapan yaitu menentukan masalah terdiri dari pengumpulan data, analisis data dan analisis situasi, tahap kedua yaitu merencanakan program terdiri dari penentuan perencanaan dan strategi komunikasi, tahap ketiga yaitu bertindak dan berkomunikasi dilakukan dengan melakukan komunikasi yang efektif yaitu membangun komunikasi dua arah. Tahap terakhir adalah evaluasi melalui rapat koordinasi dan monitoring secara harian, mingguan dan bulanan. Strategi lainnya yang dilakukan juga memperhatikan dari sisi kredibilitas, konteks, konten, kejelasan, kontinuitas dan konsistensi, saluran dan kapabilitas pembaca.

Kata kunci: Strategi Humas, Humas Pemerintah, Keterbukaan Informasi Publik, Media Sosial.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:43
Last Modified: 15 Jan 2024 08:49
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item
View Item