Analyzing Communication Strategy of MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) on How To Prevent The Spread of Fake News on Social Media

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putri, Salsabila Meidiana (2021) Analyzing Communication Strategy of MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) on How To Prevent The Spread of Fake News on Social Media. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berita palsu (hoax) dengan cepat menyebar ke sebagian besar masyarakat di Indonesia dan mempengaruhi semua lapisan masyarakat. Berita bohong dan hoaks tampaknya menyebar secara cepat dan eksponensial melaluui media sosial. Organisasi seperti Kementerian Komunikasi dan Intelijen dan MAFINDO (Asosiasi Anti-Pencemaran Nama Baik Indonesia) sedang berupaya menyelesaikan masalah ini karena berpotensi merugikan banyak orang dan banyak pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan metode komunikasi MAFINDO dalam menghadapi berita bohong di media sosial Indonesia. Penelitian ini juga akan membahas pentingnya literasi digital untuk mencegah kebebasan berekspresi yang tidak bertanggung jawab di media sosial, terutama penyebaran berita palsu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memperoleh data wawancara. Hasil survei menunjukkan bahwa MAFINDO telah melakukan pekerjaan yang baik dalam merancang dan mengimplementasikan rencana komunikasi strategis untuk gerakan ini. Namun, hal itu tidak akan berjalan efektif tanpa partisipasi aktif masyarakat Indonesia dalam mendukung dan mengimplementasikan program literasi anti-lelucon dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat Indonesia dianggap sebagai salah satu komponen terpenting dari kampanye pendidikan literasi anti-hoax untuk mengurangi dampak hoax.

Kata Kunci: Hoax, Komunikasi, Strategi, Media Sosial, Literasi Digital

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:40
Last Modified: 17 Jan 2024 01:36
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1688

Actions (login required)

View Item
View Item