Kajian terhadap Cognitive Dissonance pada Followers Instagram Ibunda.id terkait Kesehatan Mental pada mada Pandemi Covid-19

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Chuzaini, Sevlira Dellianggi (2021) Kajian terhadap Cognitive Dissonance pada Followers Instagram Ibunda.id terkait Kesehatan Mental pada mada Pandemi Covid-19. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak akhir 2019, dunia sedang dihadapkan dengan pandemi covid- 19 yang memberikan dampak pada banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah kesehatan mental. Kesadaran akan kesehatan mental perlu untuk ditingkatkan karena masih banyak orang yang tidak sadar bahwa kesehatan mentalnya sedang menurun atau sadar tetapi tidak mencari tahu lebih lanjut tentang apa yang sedang dialami. Ibunda.id adalah perusahaan yang menyediakan konseling online dan kerap memberikan pesan seputar kesehatan mental melalui Intagram. Pesan mengenai kesehatan mental dapat menimbulkan disonansi bagi pembacanya jika terdapat ketidakonsistenan antara pemikiran yang dimiliki dengan informasi baru. Penelitian ini melihat peran Ibunda.id dalam membagikan pesan atau konten yang dapat menimbulkan disonansi untuk meningkatkan kesadaran terkait isu kesehatan mental melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan pengumpulan data berupa wawancara. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Cognitive Dissonance Theory. Melalui penelitian ini Ibunda.id menerapkan tahapan awareness-consideration-sales dalam menimbulkan disonansi dan informasi yang menimbulkan disonansi adalah informasi yang bersifat kontradiktif.

Kata Kunci: Cognitive Dissonance, Public Relations, Kesehatan Mental

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:52
Last Modified: 17 Jan 2024 01:56
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item
View Item