Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) Pada Program Eco Camp 2019

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Himayanti, Arista Katri (2020) Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) Pada Program Eco Camp 2019. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini, program CSR menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis perusahaan. Seiring berjalannya waktu, sudah banyak perusahaan yang mulai menjalankan program-program CSR dan juga banyak yang kemudian aktif dalam mengkomunikasikan untuk memunculkan kesepamahaman antara perusahaan dengan stakeholdernya. Program CSR Pertamina Eco Camp 2019 merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial PT. Pertamina (Persero) dalam menjaga keseimbangan dan kelestarian alam khususnya dalam bidang keanekaragaman hayati (Kehati). Melihat pentingnya sebuah program CSR untuk dikomunikasilkan, maka penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Pertamina (Persero) Pada Program Pertamina Eco Camp 2019. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif oleh Melvin L.Defleur dan Sandra J.Ball Rokeach dengan konsep pendukung menggunakan konsep strategi komunikasi CSR oleh Rusdianto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi PT. Pertamina (Persero) dalam mengkomunikasikan program Corporate Social Responsibility Pertamina Eco Camp 2019 dilakukan secara offline dengan mengajak langsung masyarakat dengan rentang usia 20 sampai 38 tahun untuk ikut serta ke dalam pelestarian Owa Jawa dengan konsep berkemah. Secara online dibagi menjadi dua cara yaitu, secara internal dan eksternal. Secara Internal dengan broadcast di lingkungan Pertamina dan eksternal dengan bekerjasama dengan media, influencer, publikasi di media sosial Pertamina, dan juga menjadikan peserta Eco Camp 2019 sebagai komunikator dalam program ini.

Kata Kunci: Strategi komunikasi persuasif, strategi komunikasi CSR, Corporate Social Responsibility, Pertamina Eco Camp 2019

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:25
Last Modified: 17 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item
View Item