Pengaruh Kampanye #TukarBaju oleh Zero Waste Indonesia Terhadap Kesadaran Dampak Lingkungan di Industri Fashion

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Fakhira, Demy Maryesna (2020) Pengaruh Kampanye #TukarBaju oleh Zero Waste Indonesia Terhadap Kesadaran Dampak Lingkungan di Industri Fashion. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadirnya banyak merek dengan konsep fast fashion di Indonesia membuat konsumen rutin membeli baju baru. Perilaku ini tanpa sadar memicu banyak baju yang tidak terpakai kemudian menjadi limbah. Zero Waste Indonesia (ZWID) merupakan komunitas dengan gaya hidup nol sampah lalu meluncurkan program kampanye yang bertajuk #TukarBaju dimana membuat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye #TukarBaju oleh ZWID terhadap kesadaran dampak lingkungan di industri fashion. Konsep utama dalam penelitian ini adalah konsep kampanye dan kesadaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini melalui pembagian kuesioner kepada 100 responden followers Instagram @tukarbaju_ dengan teknik pursposive sampling. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh antara kampanye #TukarBaju terhadap kesadaran dampak lingkungan di industri fashion. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa kampanye #TukarBaju memiliki hubungan sangat kuat dan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,815 dan nilai kontribusi sebesar 66,4% terhadap kesadaran dampak lingkungan di industri fashion.

Kata Kunci Kampanye, Kesadaran Lingkungan, Fast Fashion.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:58
Last Modified: 17 Jan 2024 03:02
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item
View Item