Novida, Ellen (2020) Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Menarik Minat Kaum Muda pada Acara Youth Fest. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Festival musik merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh Kaum Muda. Prambors Radio melihat sebuah peluang untuk membuat acara festival musik bertajuk Youth Fest dan bertemakan The Biggest Karaoke Land untuk merayakan ulang tahunnya ke-48. Dalam memperkenalkan acaranya, Prambors menggunakan alat media sosial Instagram untuk mempromosikan serta mempengaruhi minat followers-nya untuk menjadi peserta dari acara ini. Youth Fest berhasil mendatangkan 10.000 peserta pada acara tersebut. Penelitian ini menggunakan teori CMC untuk menganalisa komunikasi yang terbentuk antara penyelenggara acara dengan target audiencesnya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretatif dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram cukup berpengaruh untuk membangun hubungan yang lebih personal antara penyelenggara acara dengan followers Instagram sehingga mereka berminat untuk datang ke acara tersebut. Penggunaan Instagram juga efektif untuk memperkenalkan acara ini kepada banyak orang sekaligus. Namun, peneliti juga menganggap bahwa penggunaan Instagram hanya salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi minat kaum muda untuk menonton acara Youth Fest.
Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, CMC
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 03:13 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1754 |