Studi Fenomenologi Terhadap Kesadaran Konsep Diri Remaja Pengguna Beauty Applications Pada Instagram

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Nachiar, Hairunnisha (2020) Studi Fenomenologi Terhadap Kesadaran Konsep Diri Remaja Pengguna Beauty Applications Pada Instagram. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring perkembangan zaman seperti sekarang, berbagai inovasi teknologi komunikasi telah ditemukan. Berbagai fitur dan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pun tersedia pada berbagai telepon genggam. Munculnya media sosial pun membuat remaja berlomba-lomba untuk menunjukkan versi terbaik dari dirinya, salah satunya dengan melakukan foto selfie. Kehadiran Beauty Applications menjadi salah satu solusi yang digunakan oleh remaja untuk memperbaiki penampilan dirinya pada sejumlah fotonya di Instagram. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pengalaman berkesan yang mendorong remaja untuk menggunakan beauty applications dan mengidentifikasi kesadaran akan konsep diri remaja pengguna beauty applications pada Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Teori Fenomenologi untuk membuktikan bahwa pengalaman membentuk kesadaran akan konsep diri dan mempengaruhi perilaku remaja. Maka dari itu, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif agar mendapat gambaran yang jelas dan mendalam. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pengalaman buruk yang dimiliki oleh remaja sejak fase Remaja Awal hingga fase Remaja akhir dengan orang tua, teman sebaya, sekolah dan aspek eksternal lainnya membentuk konsep diri negatif remaja. Selain itu, penggunaan beauty applications oleh remaja tidak meningkatkan kepercayaan diri remaja terhadap penampilan fisiknya.

Kata Kunci: Beauty Applications, Selfie, Instagram, Remaja, Konsep Diri

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:18
Last Modified: 04 Mar 2024 05:08
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item
View Item