Sosialisasi Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang Bawaan Penumpang Kepada Penyedia Layanan Jasa Titip Oleh Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai.

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Syauqina, Lintang (2020) Sosialisasi Ketentuan Ekspor Dan Impor Barang Bawaan Penumpang Kepada Penyedia Layanan Jasa Titip Oleh Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maraknya bisnis penyedia layanan jasa titip yang melanggar aturan mengharuskan Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai untuk menindak hal ini, karena selain berbahaya bagi masyarakat karena rawan dengan penipuan, juga merugikan negara. Dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai menerapkan tahapan strategi komunikasi melalui sosialisasi yang dilakukn kepada masyarakat khususnya para penyedia layanan jasa titip di Indonesia. Dengan tahapan strategi komunikasi menurut Anwar Arifin, proses sosialisasi dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai dalam strategi komunikasi menerapkan penyusunan pesan secara verbal dalam sosialisasi langsung berupa seminar, workshop dan talkshow dan penyusunan pesan secara non verbal dalam sosialisasi tidak langsung melaui media sosial, media konvensional, media cetak dan juga menggunakan aplikasi mobile. Dengan menurunnya jumlah pelanggaran yang dilakukan pelaku jastip dan berkurangnya complain terkait barang bawaan penumpang yang disampaikan oleh masyarakat, menunjukkan bahwa terjadi perubahan perilaku dan kebiasaan khalayak sesuai dengan harapan dan tujuan dari strategi komunikasi yang dilakukan.

Keywords: Strategi komunikasi, sosialisasi, komunikasi publik, penyedia layanan jasa titip

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:06
Last Modified: 08 Jan 2024 02:06
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item
View Item