Analisis City Branding Dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Gastronomi Ubud

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Hidayat, Nabila Paradissa (2020) Analisis City Branding Dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Gastronomi Ubud. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dimulai dari fenomena wisata kuliner Ubud yang menjadi atribut baru dalam mengembangkan city branding sebagai destinasi gastronomi. Daya tarik Ubud yang sudah diketahui oleh wisatawan global akan seni, budaya dan alam menjadi pondasi dalam mengembangkan kuliner yang merupakan salah satu strategi komunikasi yang tepat untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada khalayak internasional. Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar yang memiliki tugas untuk mengelola dan mengatur segala Pariwisata yang ada di Gianyar sudah melakukan berbagai cara untuk mempromosikan destinasi wisata, salah satunya adalah tugas yang diberi oleh pemerintah Republik Indonesia akan mengelola Ubud sebagai destinasi gastronomi berstandar internasional oleh UNWTO. Oleh karena itu, penelitian ini, dilakukan untuk menganalisa bagaimana perkembangan city branding Ubud dalam memperkuat citranya sebagai destinasi wisata budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan City branding Communication Model oleh Kavaratzis untuk menganalisa konsep komunikasi city branding, dan melakukan wawancara, analisis data dan triangulasi sumber data dalam menemukan faktor pembentuk city image Ubud. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi perkembangan citra Ubud sebagai destinasi gastronomi adalah kesinergiaan dari stakeholders atau para mitra yang mendukung dan memberikan kontribusinya dalam memberikan kesan kepada wisatawan sehingga terbentuknya citra positif yang akan menguatkan pariwisata Ubud dimata khalayak Internasional.

Keywords : City Branding, Destinasi, Pariwisata, Gastronomi, Ubud.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:06
Last Modified: 08 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item
View Item