Setianto, Nadira Alisha (2020) Pengaruh Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus: Penggunaan Gopay Sebagai E-Wallet. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Pertumbuhan Pembayaran Digital “E-Wallet” di Indonesia, didukung oleh penetrasi penggunaan internet yang tinggi dan inisiatif pemerintah yang menyediakan kode Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk mempermudah transaksi pembayaran digital. Meningkatnya permintaan dan kemajuan industri E-Wallet memberikan kesempatan kepada para pelaku bisnis lokal hingga internasional untuk menciptakan E-Wallet terbaik di Indonesia. Sehingga, para pelaku bisnis E-Wallet di Indonesia berlomba-lomba untuk menarik masyarakat dengan menawarkan discount besar-besaran dan bekerjasama dengan mitra lokal hingga internasional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh App Annie tahun 2019 mengenai Daftar 10 E-Wallet terbaik di Indonesia, GoPay berhasil meraih peringkat pertama mengalahkan perusahaan E-Wallet lainnya dalam bidang Brand Awareness, kemudahan, cashback, serta inovasi. Namun, tidak satupun mengatakan tentang keamanan padahal, keamanan merupakan faktor terpenting untuk meningkatkan kepercayaan dalam penggunaan layanan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Brand Trust terhadap Keputusan Penggunaan aplikasi GoPay dan darimana asal kepercayaan tersebut datang, melihat GoPay tidak pernah melakukan kampanye keamanan. Teori utama dalam penelitian ini adalah teori Perilaku Konsumen, didukung oleh Model Elaborasi Kemungkinan, konsep Brand Trust dan Keputusan Pembelian. Lalu, metodologi yang digunakan adalah Kuantitatif dengan membagikan 100 kuesioner dan mewawancarai 11 responden untuk mengambil data primer. Temuan penelitian ini menunjukkan terdapat 67% korelasi dan pengaruh antar Brand Trust terhadap keputusan penggunaan GoPay. Sementara itu, dimensi yang paling berpengaruh terhadap Keputusan Penggunaan GoPay adalah dimensi Company Characteristic dari konsep Brand Trust. Melalui wawancara tambahan yang melibatkan 11 responden, para responden mengatakan kalau Gojek sebagai perusahaan yang menaungi GoPay menyumbangkan faktor terbesar kepada konsumen GoPay dalam mempercayai GoPay.
Keywords: Brand, Brand Trust, GoPay, E-Wallet, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:12 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:12 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1803 |