Analisis Pengembangan UMKM Melalui Program Brincubator Dalam Penerapan Corporate Social Responsibility

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Widjaja, Sharon Rose (2020) Analisis Pengembangan UMKM Melalui Program Brincubator Dalam Penerapan Corporate Social Responsibility. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu perusahaan BUMN dalam industri perbankan yang memiliki fokus di bidang bisnis mikro sehingga salah satu bentuk kegiatan CSR yang dilakukan adalah mengembangkan UMKM melalui kolaborasi dengan Desk Inkubasi dengan Program BRIncubator. Program ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM agar dapat melakukan ekspor serta untuk membentuk Digital Economy Ecosystem sesuai dengan arahan Kementerian BUMN. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana penerapan CSR serta prinsip - prinsip CSR yang dilakukan untuk mengembangan UMKM melalui Program BRIncubator. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan pencarian data primer melalui wawancara semi struktur serta melakukan riset melalui data perusahaan, buku - buku, jurnal serta situs web lainnya. Hasil dari penelitian yang didapat adalah pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Program BRIncubator dalam penerapan CSR hanya menerapkan dua konsep dari triple bottom line yaitu people dan profit, karena dengan menjalankan people makan konsep profit akan mengikuti seiring berjalannya operasional bisnis perusahaan. Prinsip - prinsip CSR yang telah dilaksanakan dengan baik walaupun masih kurang dalam hal pemberitahuan secara langsung terkait pelatihan UMKM merupakan bagian dari CSR perusahaan. Selanjutnya untuk pengembangan UMKM masih terjadi beberapa kendala dari pihak eksternal yang masih belum melek teknologi sehingga menghambat pelatihan UMKM sehingga disarankan pelatihan UMKM dapat dipisahkan kelasnya agar sesuai dengan kemampuan UMKM mengenai digitalisasi serta perlu adanya informasi khusus untuk UMKM dapat mengetahui Program BRIncubator adalah CSR dari perusahaan.

Keywords: Triple Bottom Line, Prinsip - Prinsip CSR, Aspek Pengembangan UMKM

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:08
Last Modified: 08 Jan 2024 04:08
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item
View Item