Implementasi Strategi Komunikasi Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Menyosialisasikan Kebijakan Baru Tarif Reduksi Kepada Publiknya

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Trisetio, Teguh (2020) Implementasi Strategi Komunikasi Pt. Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Menyosialisasikan Kebijakan Baru Tarif Reduksi Kepada Publiknya. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan industri transportasi di Indonesia kian selama 4 tahun terakhir. Pertumbuhan industri transportasi juga mendukung berputar nya roda ekonomi negara. Transportasi massal memiliki peran penting dalam berbagai aspek yaitu, mengurangi polusi udara, menangkal kemacetan, menghemat pengeluaran dan melatih disiplin para pengguna nya. Transportasi massal ini dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (persero). PT.KAI memiliki identitas Customer Oriented. kereta api menjadi primadona bagi masyarakat yang ingin bepergian keluar kota dengan harga murah. PT.KAI ingin memberikan reward/apresiasi kepada 4 golongan masyarakat yaitu TNI/Polri, Lansia, LVRI dan Wartawan untuk menumbuhkan rasa cinta mereka pada KAI dengan membuat kebijakan baru tarif reduksi yang dimana tarif reduksi ini adalah kebijakan pemotongan harga tiket kepada 4 golongan masyarakat tadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi komunikasi 7C oleh Cutlip dan Center. Data dilengkapi dengan data sekunder dari penelitian sebelumnya, arsip, serta berita terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT.KAI melakukan sosialisasi dengan melalukan sosialisasi secara langsung maupun tidak langsung dengan memanfaatkan pihak internal, menggunakan press release, media online, iklan advertorial di majalah, dan menggunakan media sosial. Dengan menggunakan strategi komunikasi 7C oleh Cutlip dan Center kepada strategi sosialisasi dilakukan masih terdapat kekurangan dibeberapa elemen sehingga menyebabkan noise ke masyarakat luas.

Keywords: Strategi Komunikasi 7C oleh Cutlip dan Center, Public Relations, PT. KAI

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:47
Last Modified: 08 Jan 2024 04:47
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item
View Item