Program Mentari Bangsaku Oleh Foodbank Of Indonesia Ditinjau Dari Difusi Inovasi

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Dezani, Widya Zhafirah (2020) Program Mentari Bangsaku Oleh Foodbank Of Indonesia Ditinjau Dari Difusi Inovasi. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah Indonesia melalui berbagai program pembangunan yang berkelanjutan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mengacu berdasarkan pilar Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta Pola Produksi dan Konsumsi yang Bertanggungjawab. Stunting menjadi masalah kesehatan yang paling disorot di Indonesia. Penanganan stunting perlu menjadi perhatian mengingat dapat berdampak kepada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit, hingga menurunkan produktifitas. Foodbank of Indonesia (FOI) hadir untuk membantu mengatasi kesenjangan pangan di masyarakat khususnya permasalahan stunting pada balita salah satunya di Dusun Girinyono, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses penyebaran dan penerimaan program Mentari Bangsaku oleh Foodbank of Indonesia di Dusun Girinyono, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menganalisis bagaimana proses penyebaran pesan yaitu pengenalan program Mentari Bangsaku ke masyarakat desa yang dilakukan Foodbank of Indonesia dan mengetahui bagaimana penerimaan masyarakat Dusun Girinyono terhadap program Mentari Bangsaku dengan pendekatan Teori Difusi Inovasi oleh Everett M. Rogers. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini Foodbank of Indonesia melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat yaitu pemimpin desa setempat dan melakukan pendekatan dengan calon adopter yaitu para ibu-ibu yang memiliki balita yang mengalami stunting dengan menggunakan saluran komunikasi yang sudah disesuaikan dengan karakteristik target sasaran. Melalui tahap pengambilan keputusan inovasi, Foodbank of Indonesia mendapatkan sikap positif dari sang adopter dan memutuskan untuk mengadopsi program Mentari Bangsaku.

Keywords: Difusi Inovasi, Adopter, Program, SDGs, Stunting

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:10
Last Modified: 08 Jan 2024 05:10
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item
View Item