Destiani, Annisah Rizki (2019) Implementasi Dimensi CMC Dalam Penggunaan Instagram Oleh GENPI BANTEN Sebagai Media Publikasi Wisata. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemajuan teknologi telah merubah cara masyarakat untuk mendapatkan informasi, salah satunya melalui media sosial Instagram. GenPi Banten menggunakan Instagram melalui akun @Alambantenid untuk publikasi informasi wisata di Banten kepada khalayaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme akun @Alambantenid dalam menggunakan media sosial Instagram, untuk mengetahui teknik komunikasi yang dipakai dalam menggunakan Instagram, dan untuk mengetahui pemenuhan kebutuhan informasi publik oleh akun @Alambantenid. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deksriptif. Teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication (CMC). Teknik pengumpulan data primer dilakukan menggunakan wawancara semi terstruktur dengan 5 informan dan data sekunder dengan cara observasi terhadap akun @Alambantenid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa akun Instagram @Alambantenid menggunakan teknik komuniksi persuasif serta sudah menerapkan 6 dimensi CMC, namun ada dua dimensi yang belum terlaksanakan secara maksimal yaitu dimensi amount dan dimensi cognitive effectiveness. Sehingga pemenuhan kebutuhan informasi publik belum maksimal.
Kata kunci: Publikasi, Instagram, Media Sosial, Pariwisata
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:01 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:01 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1858 |