Perancanagan Program PR Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pencemaran Lingkungan Melalui Board Game Koneksi

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Karenzi, Denaya (2019) Perancanagan Program PR Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pencemaran Lingkungan Melalui Board Game Koneksi. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Degradasi lingkungan terus terjadi seiring dengan kemajuan teknologi dan peradaban manusia. Kegiatan sehari hari yang dinilai sepele ternyata memiliki hubungan yang nyata terhadap lingkungan dan satwa. Pencemaran dan kerusakan lingkungan yang terjadi juga mengakibatkan kepunahan satwa,terutama satwa yang merupakan satwa endemik Indonesia yang dilindungi oleh WWF-Indonesia, yaitu Gajah dan Harimau Sumatera, Penyu, Orangutan, dan Hiu Paus yang tergabung dalam 6 satwa payung. Kesadaran masyarakat mengenai isu lingkungan tidak diikuti dengan aksi nyata karena alasan kepraktisan. Padahal, banyak kegiatan sehari hari yang dianggap sepele yang terkoneksi dengan lingkungan dan satwa. Dalam upaya mengedukasi masyarakat Jabodetabek usia 15 -23 tahun, perancang karyamerancang program PR untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencemaran lingkungan melalui board game KONEKSI yang akan didistribusikan secara eksklusif melalui Panda Mobile. Perancang karyamelakukan perancangan dengan metode 12 steps of PR planningolehAnne Gregory. Program PR ini dirancang untuk diaplikasikan oleh WWF-Indonesiaselama 6 bulan dengan 6 kegiatan offlineberupa kunjungan ke sekolah sekolah di Jabodetabek, memanfaatkan KOL, community relations, dan media sosialsebagai upaya menggaettarget publik muda yang sebelumnya bukan prioritas dari Panda Mobile. Objektif dari perencanaan program ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencemaran lingkungan dankoneksi antara kegiatan sehari hari dengan kepunahan 6 satwa payung.

Kata Kunci : Lingkungan, Board Game, Koneksi, WWF Indonesia, Program PR

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:10
Last Modified: 08 Jan 2024 08:10
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item