Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Shopee Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Olimdo, De Bella (2019) Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Shopee Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi dan Internet memberikan dampak pada cara manusia menjalankan berbagai aktivitas dalam kehidupannya, seperti berkomunikasi, informasi, hingga melakukan jual beli. Shopee merupakan perusahaan yang menyediakan platform e-commerce berbasis C2C atau dari pelanggan ke pelanggan. Pelanggan merupakan salah satu pemangku kepentingan terpenting perusahaan dimana loyalitas pelanggan menjadi aset yang dapat memengaruhi eksistensi dan pertumbuhan perusahaan. Guna mendatangkan loyalitas pelanggan, Shopee melakukan komunikasi dengan pelanggannya dengan menggunakan berbagai komponen dalam Marketing Public Relations. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh Marketing Public Relations terhadap loyalitas pelanggan PT Shopee Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori komponen Marketing Public Relations dan teori loyalitas pelanggan. Metode penelitian adalah metode penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menyebarkan kuesioner ke 349 orang responden followers Instagram resmi Shopee yang memiliki akun resmi Shopee dan pernah berbelanja melalui Shopee sebanyak minimal 3 kali,dengan menggunakan skala Agung-Likertsebagai skala pengukurannya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh Marketing Public Relations terhadap loyalitas pelanggan Shopee dan hubungan keduanya senilai 0,66 yang berarti hubungannya kuat dan positif. Nilai t tabel sebesar 16,372 sudah lebih besar dari 1,960, maka Ha diterima. Nilai kontribusi Marketing Public Relations terhadap loyalitas pelanggan sebesar 43,6%, dengan nilai konstanta sebesar 18,060 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,564.

Kata Kunci: Marketing Public Relations, Loyalitas Pelanggan, E-commerce

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:12
Last Modified: 08 Jan 2024 08:12
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item
View Item