Pengaruh Program Kunjungan Studi Kementerian Keuangan Terhadap Pemahaman Mahasiswa Universitas Kristen Imanuel Yogyakarta Tentang Informasi Publik APBN

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Oktavia, Dian (2019) Pengaruh Program Kunjungan Studi Kementerian Keuangan Terhadap Pemahaman Mahasiswa Universitas Kristen Imanuel Yogyakarta Tentang Informasi Publik APBN. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Informasi mengenai keuangan negaraatau APBN sering diperbincangkan oleh sebagian besar masyarakat Republik Indonesia, terutama pada tahun politik ini. Oleh karena itu, Kementerian Keuangan sebagai bagian yang mengurusi keuangan negara menyelenggarakan program kunjungan studi sebagai salah satu program edukasi kepada masyarakat. Fokus APBN dalam penelitian ini adalah pada kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang memiliki hubungan erat dengan APBN.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari program kunjungan studi Kementerian Keuangan terhadap pemahaman mahasiswa Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta tentang informasi publik APBN, serta berapakah besar dari pengaruh tersebut. Teori utama dalam penelitian ini adalah teori disonansi kognitif, dimana merupakan teori yang menjelaskan bagaimana suatu keyakinan dalamindividu dapat mengubah sikap pada individu tersebut. Dalam hal ini, mahasiswa memilih untuk mengikuti program kunjungan studi Kementerian Keuangan untuk dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan terjadinya disonansi pada pemahamannya mengenai APBN. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 71 mahasiswa Universitas Kristen Immanuel Yogyakarta yang mengikuti program kunjungan studi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang diberikan dari program kunjungan studi sebesar 59,8% terhadap pemahaman mahasiswa mengenai APBN. Kesimpulannya, program kunjungan studi harus tetap diselenggarakan, agar pemahaman mahasiswa tentang informasi publik APBN dapat semakin meningkat.

Kata kunci: teori disonansi kognitif, kunjungan studi, pemahaman

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:18
Last Modified: 08 Jan 2024 08:18
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item
View Item