Analisis Strategi Komunikasi Public Relations Oleh KABOGOH ( Komunitas Board Game Bogor Hehehe ) Dalam MengenalkanBoard Game Di Kalangan Publik Bogor

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Budiyati, Dina Rahma (2019) Analisis Strategi Komunikasi Public Relations Oleh KABOGOH ( Komunitas Board Game Bogor Hehehe ) Dalam MengenalkanBoard Game Di Kalangan Publik Bogor. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

KABOGOH (Komunitas Board Game Bogor Hehehe) merupakan komunitas board game pertama dan satu-satunya di kota Bogor. Popularitas board game tidak terlalu menonjol di kalangan publik Bogor, padahal board game sendiri adalah salah satu alternatif hiburan yang bermanfaat. Penelitian ini dilakukan untuk memahami strategi komunikasi public relationsoleh KABOGOH dalam mengenalkan board game kepada publiknya. Peneliti menggunakan strategi komunikasi public relations tujuh C oleh Cutlip, Center dan Broom (2007), dimana terdiri dari kredibilitas, konteks, konten, kejelasan, kontinuitas dan konsistensi, saluran dan kapabilitas khalayak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data primer wawancara semi-terstruktur dan teknik analisis data model Miles dan Huberman serta tenik pemeriksaan kepercayaan berupa triangulasi sumber. Hasil penelitian memberikan pemahaman bahwa komunitas Kabogoh telah memiliki kredibilitas yang cukup dimana hal ini telah sesuai dengan konteksnya yakni fenomena board game di Indonesia khususnya di Kota Bogor. KABOGOH memiliki konten yang telah disesuaikan dengan visi misinya. Kejelasan terlihat dari adanya perbedaan cara pandang terhadap board game sebelum dan sesudah diperkenalkan. Kontinuitas dan konsistensi berbasis pada dua kegiatan utama Bermain Setiap Hari Sabtu dan PlayDay Bogor. Saluran komunikasi yang digunakan KABOGOH mencakup kegiatan publikasi, acara dan kerjasama, pemuka pendapat dan publisitas. Kapabilitas khalayak dinilai baik berupa peningkatan jumlah anggota komunitas dari lima menjadi 59 orang serta respons dari para peserta acara PlayDay Bogor yang bernada positif.

Kata kunci: strategi komunikasi, komunikasi persuasif, komunitas, board game

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:28
Last Modified: 08 Jan 2024 08:28
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item