Diplomasi Publik Indonesia EVOS E-Sport Melalui Ajang M1 Worldwide Championship Mobile Legend 2019

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putra, Adam Ilhami Prihutomo (2021) Diplomasi Publik Indonesia EVOS E-Sport Melalui Ajang M1 Worldwide Championship Mobile Legend 2019. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam era globalisasi ini, kegiatan dalam berdiplomasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam penelitian ini kegiatan berdiplomasi berfokus pada E-Sport. Yang dimana E-Sport ini menjadi suatu budaya baru bagi masyarakat yang ada di dunia dan dengan kemajuan E-Sport saat ini menjadikan kegiatan diplomasi dapat terealisasikan. E-Sport di Indonesia sudah terbilang berkembang dan maju, terbukti dengan adanya tim-tim dari Indonesia yang bersaing di turnamen Internasional. EVOS E-Sport menjadi salah satu team E-Sport dari Indonesia yang bersaing di turnamen Internasional dalam ajang M1 Worldwide Championship Mobile Legend 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Diplomasi Publik Indonesia melalui keikutsertaan EVOS E-Sport sebagai perwakilan tim dari Indonesia di ajang M1 Worldwide Championship Mobile Legend 2019. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman. Dengan didukung oleh teori Diplomasi Publik dari Alexander Vuving dan juga Konsep Soft Power dari Joseph Nye. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi diplomasi publik yang dilakukan EVOS E-Sport yaitu dengan meng influence team dari negara lain hingga dalam ajang ini mereka dapat mengalahkan team-team tersebut sampai menjadi juara. Akibatnya hasil yang didapat dalam kegiatan berdiplomasi publik dari EVOS E-Sport adalah terciptanya pengakuan dari negara lain terhadap kekuatan Indonesia di Mobile Legend dan menjadikan Indonesia sebagai negara paling kuat dalam game Mobile Legend di dunia serta juga melalui visi-misi dari EVOS E-Sport dan juga Indonesia untuk mencapai tujuan mendapatkan kepercayaan sehingga menciptakan citra positif Indonesia melalui E-Sport.

Kata Kunci: E-Sport Indonesia, EVOS E-Sport, Diplomasi Publik, Soft Power, Kualitatif

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:38
Last Modified: 03 Jan 2024 10:38
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item
View Item