Komunikasi Lingkungan The Body Shop melalui Komitmen Enrich Our Planet untuk Membantu Pencegahan Dampak Perubahan Iklim di Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Saputri, Inez Firlia (2021) Komunikasi Lingkungan The Body Shop melalui Komitmen Enrich Our Planet untuk Membantu Pencegahan Dampak Perubahan Iklim di Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

The Body Shop merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi produk kosmetik dan perawatan kulit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap apa yang mereka produksi dengan misi untuk memperkaya kehidupan manusia, lingkungan, hewan dan ekosistemnya. Namun melihat kemampuan Indonesia dalam menjaga kenaikan suhu bumi dibawah 1,5 derajat celcius menandakan perubahan iklim yang semakin parah. Perusahaan multinasional memiliki peran untuk menjaga lingkungan melalui kegiatan bisnis yang berkelanjutan agar tidak menuju pada krisis perubahan iklim yang dipicu oleh penggunaan bahan bakar fosil dan kegiatan deforestasi, dalam upaya ini The Body Shop menggunakan komunikasi lingkungan dalam upayanya menjalankan agenda keberlanjutan mereka yaitu Enrich Our Planet dengan tujuan mengubah gaya hidup masyarakat yang lebih ramah lingkungan, agenda keberlanjutan yang dimiliki perusahaan multinasional dapat membantu terus berjalannya kegiatan bisnis mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan melihat bagaimana komunikasi lingkungan The Body Shop melalui komitmen Enrich Our Planet dikaji menggunakan 10 tahap strategi komunikasi lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi lingkungan yang dilakukan oleh The Body Shop dengan para karyawan dan pelanggannya telah membuahkan hasil dari adanya aksi yang mereka lakukan seperti mengikuti volounteering, memberikan donasi, mengembalikan botol bekas dan menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan lainnya. Namun, upaya yang telah The Body Shop lakukan tidak dapat membantu pecegahan perubahan iklim secara signifikan, karena Indonesia yang ketinggalan untuk menggunakan energi terbarukan dengan masih menggunakan bahan bakar fosil tetap memicu perubahan iklim menuju krisis.

Kata kunci : Komunikasi Lingkungan, Agenda Sustainabilitas, Multinational Corporation, Enrich Our Planet, Perubahan Iklim.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:45
Last Modified: 03 Jan 2024 10:45
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item
View Item