Wonderful Indonesia Sebagai Nation Branding Dalam Upaya Mengenalkan Dan Menarik Minat Wisatawan Asing Terhadap Pariwisata

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

krisdayanti, .krisdayanti (2021) Wonderful Indonesia Sebagai Nation Branding Dalam Upaya Mengenalkan Dan Menarik Minat Wisatawan Asing Terhadap Pariwisata. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wonderful Indonesia merupakan suatu program dari kementerian dalam negeri yang dijadikan sebagai nation branding oleh pemerintah untuk mengenalkan dan menarik wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi strategi apa saja yang digunakan oleh kementerian dalam mengenalkan wonderful indonesia yang dijadikan sebagai nation branding. Teori yang digunakan yaitu nation branding dan diplomasi publik dengan teori pendukung pariwisata. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, buku, jurnal, dan website. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa kementerian pariwisata dalam melakukan nation brandingnya mempunyai strategi-strategi yang sudah diputuskan dengan matang karena menggunakan suatu sistem dalam melihat pola-pola wisatawan mancanegara. Dengan pola yang ada menghasilkan strategi yang tepat, yang dibagi menjadi ordinary efforts, extra ordinary efforts, dan super extra ordinary efforts yang cukup efektif dengan juga dibantu oleh pihak-pihak yang terkait seperti organisasi yang berhubungan dengan pariwisata. Namun kekurangan dan hambatan yang ada masih menjadi suatu yang harus diperhatikan dan diperbaiki agar tujuan atau goals yang ada bisa berhasil dan tercapai. Diharapkan kementerian dan pihak yang terkait dalam mengenalkan wonderful Indonesia sebagai nation branding bisa lebih ditingkatkan dengan strategi yang baru sehingga meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara.

Kata Kunci: Nation Branding, Diplomasi Publik, Wonderful Indonesia

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:45
Last Modified: 03 Jan 2024 10:45
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item
View Item