Pengaruh Pesan Influencer Pada Akun Instagram @Andienasyah Terhadap Pola Asuh Responsif Mengenai Metode Mpasi Baby Led Weaning

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Ligita, Nathasa Febrina (2018) Pengaruh Pesan Influencer Pada Akun Instagram @Andienasyah Terhadap Pola Asuh Responsif Mengenai Metode Mpasi Baby Led Weaning. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan manusia akan informasi mendorong manusia untuk memanfaatkan berbagai media yang adasaat ini, salah satunya adalah media sosial yang dianggap sebagai sumber informasi yang cepat, praktis, dan lengkap. Instagram berhasil meraih peringkat kedua dalam kategori media sosial yang paling sering diakses. Fenomena ini menghasilkan sebuah profesi baru yaitu influencer. Andien Aisyah hadir sebagai influencer yang kerap membagikan pesan mengenai metode MPASI Baby Led Weaningyang sejalan dengan pola asuh responsif dimana orang tua bersikap peduli dengan pilihan anaknya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pesan influencer pada akun Instagram @andienaisyah terhadap pola asuh responsif mengenai metode MPASI Baby Led Weaning serta besar pengaruh tersebut. Dalam penelitian ini, teori pesan dan pola asuh responsif digunakan sebagai teori utama dilengkapi dengan teori Uses and Gratifications sebagai pendukung beserta dengan konsep-konsep lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkankuesioner kepada 100 responden berdasarkan teknik purposive samplingdengan syarat mengikuti akun @andienaisyah dan pernah melihat unggahan Andien mengenai metode MPASI Baby Led Weaning. Pengukuran data menggunakan skala likert (1-4). Dari hasil penelitian didapati nilai kontribusi pesan influencer pada akunInstagram @andienaisyah terhadap pola asuh responsif mengenai metode MPASI Baby Led Weaning sebesar 29,5%, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,632 dan nilai konstanta sebesar 38,534.

Kata kunci: Pesan, pola asuh anak, influencer, Instagram, uses and gratifications

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:54
Last Modified: 11 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item
View Item