Muhammad, Maryam (2021) Whitewash Sejarah Pocahontas: Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Animasi Pocahontas (1995) dan Pocahontas II (1998). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Whitewash adalah suatu fenomena yang terdapat di banyak aspek, salah satunya dalam media massa seperti film. Disney sebagai konglomerat media massa dan hiburan multinasional, terkenal dengan film animasinya. Disney mendapat tuduhan kalau mereka melakukan fenomena whitewash terhadap kisah asli Pocahontas. Kritik ini dilontarkan oleh kaum Native American dan dari beberapa masyarakat lainnya. Film tersebut adalah Pocahontas (1995) dan sekuelnya yaitu Pocahontas II: Journey to a New World (1998). Kedua film tersebut dianalisis menggunakan semiotika Roland Barthes untuk mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos untuk membuktikan adanya fenomena whitewash mengenai sejarah Pocahontas. Hasil penelitian menunjukkan kalau memang terdapat unsur whitewash di dalam film Pocahontas (1995) dan Pocahontas II: Journey to a New World (1998). Adanya whitewash di kedua film tersebut karena Disney menggunakan narasi dari kaum kulit putih, yaitu etnis yang lebih mendominasi, dan Disney juga mengubah beberapa fakta hanya untuk menyesuaikan ambisi mereka sendiri.
Kata kunci: Film, Animasi, Disney, Pocahontas, Pocahontas II: Journey to a New World, Whitewash, Semiotika Roland Barthes
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:45 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:45 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/213 |