Strategi Pengembangan Bisnis Yang Dilakukan Oleh Bangflo Dalam Memberdayakan Petani Kopi Di Flores

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Nadia, Safa (2021) Strategi Pengembangan Bisnis Yang Dilakukan Oleh Bangflo Dalam Memberdayakan Petani Kopi Di Flores. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai manusia yang hidup bermasyarakat dan membutuhkan sumber penghasilan untuk bertahan hidup, kita perlu mencari cara apa yang bisa dilakukan untuk memberdayakan diri kita dan masyarakat sekitar. Salah satu bentuknya adalah pemberdayaan melalui mata pencaharian yang memang sudah dilakukan kelompok masyarakat tersebut sejak lama, namun dioptimalkan agar berkembang dan lebih menghasilkan. Salah satu pelaku pemberdayaan profesi masyarakat yang berasal dari dalam adalah Bangflo, yang mengangkat derajat kopi Flores dengan tidak hanya menyajikan kopi khas Flores, namun juga memberikan cerita seputar kopi Flores dan budaya Flores agar semakin dikenal khalayak. Penelitian ini mengungkap bagaimana strategi komunikasi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Bangflo dalam memberdayakan petani kopi di Flores yang menjadi kunci dari keberlangsungan bisnis Bangflo. Dengan dipandu konsep strategi bisnis & komunikasi, analisis SWOT, STP, tahapan pengembangan usaha menurut Pandji Anoraga, serta dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif Miles & Huberman, penelitian ini menghasilkan bahwa strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Bangflo secara keseluruhan sudah cukup baik. Beberapa hal yang perlu dilakukan inovasi seperti membubuhkan kode QR code pada kemasan untuk mempermudah akses pelanggan mendapatkan konsep cerita Bangflo secara dalam, membangun Bangflo di Flores untuk pemerataan ekonomi di daerah, serta perlunya untuk melakukan pembinaan lebih kepada petani kopi mitra agar taraf kehidupan mereka bisa menjadi lebih baik dengan bergabung menjadi mitra Bangflo.

Kata kunci: strategi bisnis, strategi komunikasi, pengembangan bisnis, pemberdayaan petani, petani kopi, kopi flores

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship Business Communication
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Business > Management Study Programme
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:53
Last Modified: 12 Jan 2024 01:53
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item
View Item