Peran Flight Attendant Sebagai Frontliner Terhadap Situasi Pandemi COVID-19 Pada Maskapai Garuda Indonesia

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Karyana, Dina Dwi (2022) Peran Flight Attendant Sebagai Frontliner Terhadap Situasi Pandemi COVID-19 Pada Maskapai Garuda Indonesia. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seorang awak kabin garda depan maskapai atau frontliner yang memiliki tugas menjadi “tuan rumah” para penumpang yaitu membimbing, memberikan pelayanan, mempromosikan dan menghadirkan berbagai fasilitas yang disediakan maskapai penerbangan. Selama pandemi COVID-19 Garuda Indonesia juga meraih penghargaan COVID-19 Airlines Safety Rating, yang menjadikan perusahaan memiliki citra positif atas pelayanan sesuai dengan ketaatan terhadap protokol kesehatan. Penghargaan yang diraih oleh Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan yang dinilai aman dan taat pada aturan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, tidak dapat berjalan tanpa adanya peran awak kabin sebagai frontliner. Metode pada penelitian penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam kepada 2 narasumber awak kabin Garuda Indonesia sebagai data primer, dan data sekunder berupa dokumentasi OM-B2 (Operational Manual Book). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Awak kabin sebagai frontliner menjadi pihak yang berperan besar dalam membangun relasi secara langsung ketika berhadapan dengan para penumpangnya ketika perjalanan berlangsung. Peran awak kabin Garuda Indonesia sebagai frontliner selama pandemi COVID-19. Dalam hal ini aspek pelayanan yang difokuskan oleh awak kabin mampu beradaptasi dengan pemenuhan standar kualitas pelayanan berkaitan dengan upaya menjaga kenyamanan dan protokol kesehatan penumpang.

Kata kunci: Awak kabin, COVID-19, Frontliner

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:01
Last Modified: 12 Jan 2024 03:01
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2160

Actions (login required)

View Item
View Item