Azizah, Nabila Nur (2022) Pesan Moral Pada Film Serial The Gifted Thailand Melalui Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Film merupakan sebuah media komunikasi yang dapat menyampaikan berbagai pesan yang ingin disampaikan oleh pembuatnya. Salah satu pesan yang dapat disampaikan adalah pesan moral, baik menggunakan komunikasi secara verbal maupun non verbal. Salah satu film yang memiliki pesan moral adalah film serial The Gifted Thailand, meskipun didalamnya menceritakan sebuah kisah sekolah SMA yang memiliki siswa berkekuatan super, yakni siswa dari kelas program The Gifted. Tetapi, mereka tetap merupakan siswa biasa yang memiliki masalah kehidupan baik dari segi pertemanan, percintaan, pencarian jati diri, masalah dengan keluarga maupun dengan guru mereka disekolah. Oleh karena itu, penelitian ini mencari tanda pesan moral dengan menggunakan teori 7 sikap dasar kerpibadian moral Franz Magnis Suseno yang terdapat pada kehidupan siswa di film serial The Gifted. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan mencari tanda dan menganalisis data berdasarkan tipologi tanda ikon, indeks dan simbol dari Charles Sanders Peirce. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya pesan moral sesuai dengan ketujuh elemen dari 7 sikap dasar kepribadian moral Franz Magnis Suseno, yakni kejujuran, nilai-nilai otentik, kesediaan untuk bertanggung jawab, kemandirian moral, keberanian moral, kerendahan hati serta realitis dan kritis.
Kata kunci: Semiotika Charles Sanders Peirce, Pesan Moral, Film Serial The Gifted
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Relations |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 03:08 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 03:08 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2163 |