Analisis Komunikasi Persuasif Garuda Indonesia Menggunakan Livery Pesawat Bermasker Melalui Instagram

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Putri, Cynthia Eka (2021) Analisis Komunikasi Persuasif Garuda Indonesia Menggunakan Livery Pesawat Bermasker Melalui Instagram. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Garuda Indonesia melalui peluncuran livery pesawat bermasker yang bertujuan untuk mempersuasi masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Dalam menganalisis peneliti menggabungkan enam unsur strategi persuasi menurut Dr. Robert B. Cialdini dengan formula AIDA menggunakan pendekatan Kualitatif dan metode penelitian Analisis Isi deskriptif. Peneliti melakukan observasi pada instagram Garuda Indonesia pada tanggal 01 October 2020 dan diperkuat dengan hasil wawancara dua narasumber eksternal. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dari keenam startegi persuasi yang dikemukakan oleh Cialdini, Garuda Indonesia memiliki kecenderungan tidak menggunakan strategi Reciprocation pada pesan yang diunggah, dan untuk memperkuat penyampaian pesan tersebut Formula AIDA telah digabungkan dalam penelitian ini yang menghasilkan pesan tersebut berpengaruh dalam menimbulkan Attention, Interest, Desire, dan Action untuk mendorong followers untuk menggunakan masker.

Kata kunci: Strategi Pesan Persuasif, AIDA, Instagram

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:31
Last Modified: 12 Jan 2024 03:31
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item
View Item