Pengaruh Akun Instagram @Indtravel Terhadap Minat Wisata Generasi Milenial

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Monica, Tia (2021) Pengaruh Akun Instagram @Indtravel Terhadap Minat Wisata Generasi Milenial. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan teknologi sebagai media pencarian informasi kini dimudahkan dengan hadirnya media sosial seperti Instagram karena dapat menyajikan konten-konten menarik berupa teks, gambar, audio, dan video yang dapat memberikan informasi secara jelas tentang produk maupun jasa yang ditawarkan. Kehadiran Instagram menjadi peluang bagi berbagai industri di Indonesia khususnya industri pariwisata. Dengan memanfaatkan Instagram, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membuat akun Instagram @Indtravel sebagai alat promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisatawan domestik (dalam negeri) maupun wisatawan mancanegara (luar negeri) ke tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh akun Instagram @Indtravel terhadap minat wisata generasi milenial dengan menggunakan teori minat berkunjung dan model komunikasi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan Share) sebagai landasannya. Penelitian ini menggunakan metode riset kuantitatif dimana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @Indtravel dengan kategori yang ditentukan berdasarkan accidental sampling, dan dianalisis melalui regresi linier sederhana yang dibantu program IBM SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil pencarian melalui IBM SPSS versi 25.0 maka didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,845. Nilai 0,845 terletak diantara 0,80 – 0,100 yang artinya korelasi sangat kuat dan positif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara akun Instagram @Indtravel terhadap minat wisata generasi milenial dengan pengaruh sebesar 71,5%, sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui.

Kata kunci: Pengaruh, Instagram, Minat, Generasi Milenial

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public Relations
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Public Relations & Digital Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:11
Last Modified: 12 Jan 2024 04:11
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item
View Item