Lina, .Lina (2020) Analisis Makna Iklan Samsung India “We’ll Take Care Of You Wherever You Are”. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Promosi merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan melalui cara dan media tertentu. Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, yang memiliki beberapa produk elektronik yaitu tv, kulkas dan juga smarthphone. Untuk menyampaikan sebuah pesan agar sampai ke benak masyarakat, Samsung memilih untuk mempromosikan layanan nya melalui sebuah iklan berdurasi 4 menit yang berjudul Samsung India “We’ll take care of you wherever you are” melalui Youtube yang telah ditonton sebanyak kurang lebih dari 200 juta penonton di Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan yang disampaikan didalam iklan berdasarkan tanda-tanda yang terdapat didalam nya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teori semiotika oleh Roland Barthes, berdasarkan aspek penanda dan petanda dan aspek denotasi, kontotasi dan mitos agar iklan mampu dibedah secara rinci dan menemukan makna yang terdapat didalam iklan tersebut. Makna iklan Samsung India yang berasal dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan yang ditawarkan Samsung India tidaklah biasa karena Samsung mampu mengantarkan pelayanan langsung ke lokasi pelanggan tersebut meskipun harus menempuh jarak yang jauh dan beberapa rintangan dan temuan baru lainnya dapat dilihat bahwa pihak perusahaan yaitu Samsung India merupakan perusahaan yang kredibel karna pihak perusahaan terus menonjolkan logo Samsung didalam iklan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran secara akademis dan praktis. Saran akademis, agar mendapatkan pengajaran lebih mendalam mengenai semiotika Roland Barthes sehingga pada penelitian selanjutnya penelitian ini mampu menjadi acuan. Saran praktis, sebaiknya iklan kampanye yang dilakukan Samsung India harus terus mengembangkan ide-ide atau tema dari kampanye yang kreatif, informatif dan komunikatif untuk kampanye iklan yang akan mendatang.
Kata Kunci : semiotika, iklan, tanda, Samsung India
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 06:34 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 06:34 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2186 |