Apriani, Rizda (2021) Diplomasi Budaya Indonesia melalui Wellness Tourism. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia memiliki kekayaan alam serta keanekaragaman budaya yang dapat dimanfaatkan. Nilai-nilai budaya yang dikemas dalam produk pariwisata dapat menunjukkan ke dunia internasional bahwa Indonesia merupakan negara multikultural yang memiliki daya saing global salah satunya pariwisata kebugaran dengan produk budaya spa tradisional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat dan memahami bagaimana peran pemerintah dengan wellness tourism dalam memperkenalkan budaya spa tradisional ke mancanegara. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu Diplomasi Budaya menurut Simon Mark (2009), Diplomasi Publik oleh Snow & Taylor (2009), dan Teori Peran (dalam Harnisch, Frank, Breuning & Maull, 2011). Penelitian ini menggunakann metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan peran Kemenparekraf dalam mempromosikan wellness tourism dengan produk budaya spa tradisional. Melalui kegiatan yang dilakukan oleh Kemenparekraf diharapkan wellness tourism Indonesia akan lebih dikenal oleh mancanegara. Serta budaya spa Indonesia juga dapat diketahui potensinya oleh publik.
Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Diplomasi Publik, Teori Peran, Wellness Tourism, Spa Tradisional, Kemenparekraf.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:50 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:50 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/220 |