Strategi Pemasaran Pokdarwis Geger Halang dalam Mempromosikan Obyek Wisata Waduk Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Utomo, Anggayuh Gesang (2023) Strategi Pemasaran Pokdarwis Geger Halang dalam Mempromosikan Obyek Wisata Waduk Malahayu Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi telah membuat penurunan di bidang pariwisata, hal ini diawali oleh pembatasan kegiatan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga mengurangi jumlah wisatawan yang datang ke obyek wisata. Selain itu permasalahan pengangguran akibat pandemi juga masih menjadi masalah serius yang harus diatasi. Waduk Malahayu di Kabupaten Brebes Jawa Tengah berhasil mencatatkan kenaikan jumlah wisatawan yang datang pada tahun 2020 disaat obyek wisata lain di kabupaten Brebes mengalami penurunan jumlah wisatawan. Jika dilihat lebih jauh, efek perkembangan pariwisata juga bisa mengatasi angka pengangguran yang masih tinggi di kabupaten Brebes. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pokdarwis Geger halang dalam mengelola obyek wisata waduk Malahayu berdasarkan 7 P bauran Pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif melalui proses penelitian studi kasus dengan wawancara, dokumentasi dan penelusuran data secara daring terhadap strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pokdarwis Geger halang. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa kolaborasi dari semua aspek 7 P bauran pemasaran yang menjadi daya tarik tersendiri terhadap obyek wisata waduk Malahayu. Namun ditemukan dalam penelitian bahwa masih adanya kurangnya informasi dalam hal harga produk kepada wisatawan yang datang, walau hal ini sudah dikontrol rutin oleh Pokdarwis Geger halang. Implikasi dari penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pokdarwis lainnya terutama dengan obyek wisata serupa yaitu waduk, unutk dapat termotivasi agar terus berinovasi dalam hal strategi pemasaran pariwisata.

Keyword: Pokdarwis, Marketing Communication Strategy, Marketing Communication, Tourism

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Business & Communication Management
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:54
Last Modified: 29 Jan 2024 06:54
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item
View Item