Perancangan Strategi Komunikasi Internal Pada PT XYZ untuk Meningkatkan Employee Engagement

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Bahar, Arviane Dahniarny (2023) Perancangan Strategi Komunikasi Internal Pada PT XYZ untuk Meningkatkan Employee Engagement. PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"PT XYZ merupakan family-owned business, yang dijalankan dengan asas kekeluargaan sejak tahun 2012. PT XYZ saat ini mengalami permasalahan kedispilinan karyawan, tingginya turnover karyawan, aliran komunikasi organisasi yang kurang sistematis, kurangnya motivasi karyawan, lemahnya kepemimpinan, kurangnya pengembangan dan penghargaan karyawan dimasa perusahaan sedang mengalami pertumbuhan karyawan yang meningkat. Untuk menangani permasalahan tersebut, PT XYZ perlu meningkatkan employee engagement pada karyawan agar terdapat rasa loyalitas yang tinggi pada perusahaan melalui komunikasi organisasi. Implementasi komunikasi internal yang efektif dapat meningkatkan employee engagement pada karyawan (Mazzei, 2014). Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi organisasi dan perancangan strategi komunikasi organisasi pada PT XYZ dalam meningkatkan employee engagement. Perancangan proyek ini menggunakan kerangka kerja AMEC yang dibagi dalam beberapa tahap yaitu preparation, implementation, measurements and insights, dan impact dalam merancang strategi komunikasi.
Hasil proyek menunjukan bahwa aliran komunikasi organisasi yang kurang sistematis dan terintegrasi mendominasi proses komunikasi organisasi yang mengurangi interaksi dan kedekatan personal. Kemampuan para pemimpin untuk menjalankan fungsi manajemen masih sangat terbatas. Iklim organisasi tetap mengedepankan kekeluargaan, cukup susah menginternalisasi value perusahaan dimasa transformasi menuju organisasi yang profesional. Oleh karena itu diperlukan strategi komunikasi organisasi yang akan dijalankan oleh PT XYZ dalam meningkatkan employee engagement dengan melakukan beberapa program apresiasi kepada karyawan sebagai bentuk sense of values, memberikan learning & development program sebagai bentuk self actualization, Melakukan program management town hall dan membuat media komunikasi internal untuk memberikan informasi perusahaan yang valid dan transparan sehingga muncul sense of pride terhadap perusahaan. Program personal approach yang akan memberikan ruang kenyamanan bagi karyawan berupa counseling center.
"

Kata Kunci: employee engagement, komunikasi internal, perencanaan strategi komunikasi

Item Type: Thesis (PGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Business & Communication Management
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:24
Last Modified: 29 Jan 2024 07:24
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item
View Item