Analisis Penggunaan Creative Agency Sebagai Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Di Media Sosial (Studi Pada Creative Agency Talamalama)

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Kartawaria, Josephine Ruth (2023) Analisis Penggunaan Creative Agency Sebagai Strategi Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Di Media Sosial (Studi Pada Creative Agency Talamalama). PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Terjadinya pandemi COVID-19 dan penerapan new normal di Indonesia semakin mendorong para pelaku usaha untuk beradaptasi dan menerapkan pemasaran digital di media sosial. Namun, pemasaran di media sosial seringkali tidak berhasil karena ketidakpahaman pelaku usaha terhadap strategi yang sesuai dengan bisnis dan target audiensnya. Creative agency hadir sebagai strategi pemasaran digital bagi para pelaku usaha agar pemasaran di media sosial berjalan maksimal. Penggunaan agensi kreatif semakin didukung dengan pengeluaran finansial yang lebih efisien, dibandingkan dengan agensi pemasaran, periklanan, dan lainnya, terutama disaat pandemi COVID-19 dan new normal yang membuat perekonomian bisnis tidak stabil.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penggunaan Talamalama Creative Agency oleh pelaku usaha dalam melakukan strategi digital marketing di media sosial pada masa new normal. Penelitian ini diteliti menggunakan teori Media Baru dan metode penelitian kualitatif dengan paradigma interpretatif. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaku usaha melakukan pemberian informasi terkait bentuk bisnis, target audiens, serta pembentukan brand image yang dituju terlebih dahulu kepada Talamalama. Penggunaan Talamalama membantu pelaku usaha dalam perancangan strategi dan konten kreatif, serta pembuatan berbagai bentuk konten media sosial yang dapat meningkatkan brand awareness melalui interaktifitas, kehadiran sosial, kekayaan media, otonomi, elemen bermain, privasi, serta personalisasi. Talamalama memberikan fleksibilitas dan elemen kreatif kepada pelaku usaha tanpa memerlukan biaya yang besar, menghasilkan tercapainya perkembangan bisnis di era new normal secara berkelanjutan dan penjangkauan audiens secara luas."

Kata Kunci: agensi kreatif, pemasaran digital, media sosial, new normal, teori media baru

Item Type: Thesis (PGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Digital Communication & Media Management
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:16
Last Modified: 01 Feb 2024 04:16
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item
View Item