Sebaran Inovasi Oleh Army Dalam Membentuk Budaya Organisasi Fanbase

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Ramadhanty, Shafira Farah (2023) Sebaran Inovasi Oleh Army Dalam Membentuk Budaya Organisasi Fanbase. PGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Fenomena Korean Wave memberikan dampak besar terhadap masyarakat termasuk salah satunya ialah munculnya para penggemar budaya musik Korea Selatan yang disebut dengan K-Pop. Twitter sendiri tercatat sebagai platform media sosial yang menghasilkan perbincangan topik K-Pop terbanyak. Hal ini menyebabkan terbentuknya berbagai jenis fan base antar penggemar K-Pop di Twitter di mana mereka dapat saling menyebarkan informasi terkait idola favorit mereka satu sama lain. Namun sekarang ini, para penggemar K-Pop tersebut tidak hanya memanfaatkan Twitter untuk menyebarkan informasi terbaru mengenai idola favorit mereka tetapi juga sebagai platform untuk membentuk gerakan sosial dan kesadaran akan kesehatan mental seperti yang dilakukan oleh fan base BTS ARMY Help Center Indonesia sebagai salah satu komunitas penggemar grup BTS.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana sebaran inovasi oleh ARMY dalam membentuk budaya organisasi fan base. Dengan metode penelitian kualitatif interpretif pada teori difusi inovasi oleh Rogers M. Everett melalui 5 tahap pengadopsi inovasi di antaranya tahap pengetahuan, tahap persuasi, tahap keputusan, tahap implementasi, dan tahap konfirmasi, maka hasil penelitian yang didapat ialah fan base BTS ARMY Help Center Indonesia menyebarkan konten terkait kesehatan mental di Twitter dan sering kali bekerja sama dengan para professional untuk menyuarakan pesan dan gerakan sosial. Tingkat adopsi juga dapat dipengaruhi oleh para ARMY yang merasa terikat satu sama lain. Keterikatan tersebut membuat ARMY yang tadinya merupakan potential adopter dapat berperan sebagai agen perubahan yang turut menyebarkan pesan inovasi BTS AHC Indonesia kepada masyarakat secara lebih luas atau di luar fan base itu sendiri."

Kata Kunci: Difusi inovasi, Boyband BTS, Gerakan sosial, Kesadaran kesehatan mental, Media baru

Item Type: Thesis (PGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Digital Communication & Media Management
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:40
Last Modified: 01 Feb 2024 04:41
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item
View Item