Simbolisasi Strategi Membangun Bisnis Dalam Drama Start-Up Ditinjau Dari Semiotika Metz

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Alima, Yasya Nuril (2023) Simbolisasi Strategi Membangun Bisnis Dalam Drama Start-Up Ditinjau Dari Semiotika Metz. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Drama Korea menjadi produk asal Korea Selatan paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Start-up sebagai salah satu drama yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia menggambarkan kehidupan para pemuda dalam berjuang membangun perusahaan rintisan. Perjuangan dan lika-liku yang digambarkan dalam drama tersebut menggambarkan bagaimana kehidupan pelaku usaha di kehidupan nyata. Di Indonesia, pelaku usaha menjadi salah satu mata pencaharian yang cukup tinggi jumlahnya. Namun, semenjak terjadinya pandemi Covid-19 mengakibatkan keuntungan para bisnis kecil tersebut kian menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja simbol dalam drama Start-up yang menggambarkan strategi dalam membangun bisnis, untuk mengetahui makna berdasarkan analisis semiotika Metz, dan untuk mengetahui bagaimana simbolisasi sebagai penyampaian pesan melalui sinematografi dalam drama Start-up.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif dengan metode analisis semiotika Christian Metz. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah dengan mengamati serial drama Start-up dan melakukan coding hasil penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa simbolisasi strategi membangun bisnis yang digambarkan pada drama Start-up ditampilkan melalui enam sintagma semiotika Metz, diantaranya Shot Otonom, Sintagma Paralel, Sintagma Deskriptif, Sintagma Alternatif, Scene, dan Sekuen Biasa. Melalui keenam sintagma, peneliti menemukan adanya elemen model bisnis kanvas seperti diantaranya simbolisasi segmen pelanggan berupa kelompok tunanetra, simbolisasi sumber daya manusia dan perangkat komputer, simbolisasi aktivitas kunci perusahaan berupa uji tuntas dan promosi, dan simbolisasi struktur biaya yaitu bakar uang (perusahaan)."

Kata Kunci: Strategi Strategi bisnis, drama Korea, semiotika Christian Metz

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Digital Communication & Media Management
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:43
Last Modified: 01 Feb 2024 04:43
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item
View Item