Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication Pada Brain Academy Online By Ruang Guru Dalam Keputusan Pembelian

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Sirait, Raphael T.P.H. (2023) Analisis Penerapan Integrated Marketing Communication Pada Brain Academy Online By Ruang Guru Dalam Keputusan Pembelian. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Ruangguru ialah sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang pendidikan, mulai berdiri pada tahun 2014 hingga saat ini, ruangguru mempunyai beberapa produk untuk membantu siswa sekolah mulai dari SD hingga SMA dalam hal pembelajaran materi di sekolah, di antaranya yakni ruang belajar, ruang les, ruangkelas, ruang uji, robu guru, skill academy, english academy, ruang les online dan yang terbaru ialah brand academy online. BAON (brand academy online) diciptakan menyesuaikan situasi saat ini dimana dilaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk setiap sekolah di seluruh Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

Elemen dari Integrated Marketing Communication yang dipergunakan dalam pemasaran BAON by Ruangguru meliputi direct marketing, sales promotion, dan advertising. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kualitatif yang mempergunakan wawancara mendalam sebagai alat pengumpulan data untuk memahami bagaimana ketiga elemen tersebut memengaruhi keputusan pembelian oleh siswa dan orang tua siswa.

Hasil penelitian mengindikasikan ketiga elemen IMC memberi pengaruh yang berbeda, seperti elemen advertising yang memberi kesan kuat dalam diri siswa dan orang tua, sales promotion yang dipergunakan oleh tim pemasaran Ruangguru untuk meraih respon dalam memaksimalkan keputusan pembelian, dan consultative selling yang memberi pengaruh kuat bagi orang tua dalam mempercayakan pendidikan anak mereka. Bentuk iklan dan pesan, frekuensi hingga kualitas promosi, hingga kesesuaian promosi yang dirasakan oleh orang tua dan siswa sebagai salah satu elemen yang mendukung keputusan pembelian ini juga dilihat selaras dengan theory of reasoned action, bahwasanya konsumen melaksanakan pembelian secara sadar dan telah mempertimbangkan implikasi dari pembelian tersebut."

Kata Kunci: Integrated Marketing Communication, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Management
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:12
Last Modified: 02 Feb 2024 03:12
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item
View Item