Iklan Layanan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kesadaran Mengenai Fenomena FOMO

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Charissa, Angelyn and Nararya, Aryastya and Fellencia, .Fellencia (2023) Iklan Layanan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kesadaran Mengenai Fenomena FOMO. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah media sosial, tetapi tidak dapat dipungkiri dengan adanya media sosial rasa keingintahuan manusia pun bertambah. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan sehingga kita tidak sadar bahwa timbul perasaan cemas dan khawatir jika terlambat mengetahuinya. Hal tersebut bisa mengarah kepada salah satu fenomena yang disebut FoMO (Fear of Missing Out). FoMO adalah fenomena disaat seseorang merasa takut akan kehilangan momen yang dirasakan oleh orang lain dan menyebabkan seseorang tersebut mencoba untuk melakukan sesuatu agar dapat turut serta di dalam momen tersebut. Apabila dibiarkan secara terus-menerus FoMO dapat mengarah kepada hal yang negatif seperti, kecemasan dan stress, merasa tidak puas akan hidup, mengganggu produktivitas dan konsetrasi, dan memicu perilaku negatif. Dengan demikian, diperlukan adanya sosialisasi kepada masyarakat, salah satunya dengan cara membuat iklan layanan masyarakat. Tujuan dari karya ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan fenomena FoMO dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya dengan rentang usia 18-24 tahun, bahwa FoMO dapat ditangani dengan kegiatan dan pola pikir yang lebih baik. Dalam pembuatan karya iklan layanan masyarakat ini, pembuat karya berkolaborasi dengan Ruang Berproses dan akan diunggah melalui kanal YouTube Ruang Berproses. Dengan menggunakan teori komunikasi intrapersonal, pembuat karya berusaha merancang jalan cerita yang menunjukkan bahwa memahami dan berkomunikasi dengan diri sendiri dapat menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah FoMO."

Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Kesadaran, FoMO (Fear of Missing Out) "

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Performing Arts Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:20
Last Modified: 02 Feb 2024 07:20
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item
View Item