"Makna Pesan Persuasif dalam Iklan Video Blibli X NCT 127 Ditinjau dari Semiotika Charles Sanders Peirce"

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Zennita, Denisa Putri (2023) "Makna Pesan Persuasif dalam Iklan Video Blibli X NCT 127 Ditinjau dari Semiotika Charles Sanders Peirce". UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

"Iklan Blibli merupakan implementasi strategi komunikasi yang persuasif dalam menyampaikan pesan iklan guna membantu konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Makna pesan persuasif dapat terbentuk melalui pesan pendekatan kebiasaan dalam mempengaruhi dan meyakinkan audiens akan marketplace Blibli sebagai platform yang dapat dipercaya. Dengan mengutamakan kepuasan konsumen, pesan persuasi dikemas melalui dari tiga kategori yang berlainan konteks atas kebutuhannya lewat kolaborasinya bersama NCT 127 dalam mempengaruhi tindakan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi makna pesan persuasif yang disampaikan dibalik video iklan Blibli yang berkolaborasi dengan NCT 127. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berfokus pada observasi secara deskriptif melalui triangulasi sumber ditinjau dari analisis semiotika Charles Sanders Peirce melalui model triadik yang terdiri atas representamen, object dan interpretan melalui studi literatur dan dokumentasi berdasarkan iklan Blibli X NCT 127. Fokus penelitian terdapat pada tanda indikasi pesan makna persuasi yang dimuat pada iklan Blibli melalui penyampaian pesan oleh NCT 127 pada iklan kolaborasinya yang berdurasi satu menit melalui tiga kategori yang menjadi bujukan kepada audiens untuk menggunakan platform Blibli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Indikasi tanda makna pesan yang disampaikan Blibli sungguh mempersuasi audiens untuk menggunakan platform Blibli. Pesan iklan disampaikan sesuai konteksnya melalui tanda dan visualisasi iklan secara verbal dan non-verbal yang dapat diterima secara utuh dan membuat tujuan audiens tercapai atas pesan yang disampaikan. Makna pesan iklan melalui konteks pendekatan dengan kebiasaan audiens memiliki dampak yang besar, dan didukung dengan visualisasi yang mampu menarik perhatian audiens melalui sisi emosionalnya dalam mempengaruhi dan membujuk audiens dengan tetap mengedepankan esensi dari produk atau layanan yang ditawarkan. "

Kata Kunci: Persuasif, Makna Pesan, Semiotika Peirce, Marketplace, Iklan Video Blibli, Kolaborasi.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Additional Information: Digital Media Communication & Advertising
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Broadcasting and Digital Media Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:18
Last Modified: 19 Feb 2024 07:46
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item
View Item