Analisis Wacana Kritis Kesetaraan Gender pada Iklan Olay “It’s Time to Change the Equation”

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Risman, Khansa Syaristi (2023) Analisis Wacana Kritis Kesetaraan Gender pada Iklan Olay “It’s Time to Change the Equation”. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gender merupakan cara masyarakat membedakan laki-laki dan perempuan dengan memberikan peran sosial kepada mereka. Berbeda dengan jenis kelamin yang bersifat biologis, identitas gender dari wanita dan pria ditentukan secara historis dan budaya yang kemudian menimbulkan suatu tingkatan perbedaan tanggung jawab, status yang dimiliki, serta perbedaan peran antara perempuan dengan laki-laki yang sampai saat ini masih tertanam di masyarakat. Perbedaan-perbedaan yang ada dan melekat di masyarakat menimbulkan adanya ketimpangan gender yang lebih merugikan kaum perempuan. Iklan merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas termasuk dengan gagasan pembuat iklan yang ingin disampaikan kepada penonton. Iklan OLAY “It’s Time to Change the Equation” merupakan suatu kampanye dalam usaha untuk memberantas sistem kelas jenis kelamin yang dibentuk oleh sistem patriarki dan menjadi alasan peneliti untuk menganalisis kampanye ini. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan metode Analisis Wacana Kritis Sara Mills serta Teori Feminisme Radikal, peneliti menganalisis pesan kesetaraan gender yang terdapat pada iklan tersebut. Hasilnya dapat dikatakan bahwa pesan kesetaraan gender dalam iklan OLAY “It’s Time to Change the Equation” disampaikan dengan menempatkan objek kepada para perempuan yang memiliki minat dan bakat atau mengejar karir pada bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) tetapi mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan dirinya dan gagasannya. Penempatan posisi pembaca ditampilkan oleh pengiklan agar mereka dapat mengidentifikasikan dirinya sebagai para perempuan yang mengalami kerugian akibat dari stigma negatif yang masih melekat di masyarakat agar menjadi edukasi atau pemahaman terhadap diskriminasi yang masih terjadi akan gender wanita pada bidang STEM.

Kata Kunci: Kesetaraan Gender, STEM, Olay, Analisis Wacana, Iklan

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:54
Last Modified: 06 Feb 2024 02:54
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item
View Item