Peran Cikananga Wildlife Center dalam Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGS) dalam Program “Wildlife Learning Center”

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Navila, Sarah (2023) Peran Cikananga Wildlife Center dalam Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGS) dalam Program “Wildlife Learning Center”. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sustainable Development Goals atau yang disingkat dengan SDGs merupakan 17 tujuan dan 169 target pembangunan yang diprakarsai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diadopsi secara global agar dapat dicapai pada tahun 2030 untuk mengatasi isu-isu internasional seperti tantangan lingkungan, ekonomi, sosial, serta budaya. Dalam mengatasi tantangan internasional seperti melindungi dan membantu pemanfaatan keberlanjutan ekosistem darat serta menghentikan dan memberantas keanekaragaman hayati, diperlukan aktor lain seperti Non-Government Organization (NGOs) sebagai pendukung dalam proses pencapaian SDGs. NGOs memainkan berbagai tanggung jawab dan berfungsi sebagai aktor dengan berbagai strategi untuk membawa perubahan, termasuk bertindak sebagai artikulasi dan agregasi dalam memahami suatu masalah dalam kerangka global. Penelitian ini difokuskan pada NGO Cikananga Wildlife Center dalam program “Wildlife Learning Center” yang didedikasikan sebagai konservasi satwa liar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana program “Wildlife Learning Center” dalam mendukung proses pencapaian SDGs nomor 15 di Indonesia. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara dan data sekunder berupa buku, jurnal dan situs web. Pencapaian yang dilakukan “Cikananga Wildlife Learning Center” dalam mendukung pencapaian SDGs telah sesuai dengan teori konstruktivisme serta konsep Non-Government Organizations, di mana dalam pelaksanaannya, teori konstruktivisme menekankan pada keterlibatan aktor lain selain negara dalam dinamika internasional. Hal tersebut dapat dipahami bagaimana NGO sebagai aktor non-state berkontribusi dalam menyelesaikan masalah dalam isu internasional.

Kata Kunci: Cikananga, Konstruktivisme, Actor non-state, NGOs, SDGS, Wildlife learning Center

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:50
Last Modified: 06 Feb 2024 03:50
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item
View Item