Representasi Rasisme Dalam Film: Where Hands Touch

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Salsabilla, Sarah (2023) Representasi Rasisme Dalam Film: Where Hands Touch. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Representasi rasisme di dalam film Where Hands Touch merupakan sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran diskriminasi terhadap ras kulit hitam dan etnis Yahudi diberlakukan, berdasarkan pada peraturan perundang-undangan, dan hukum yang berlaku di Jerman pada masa pemerintahan absolut partai politik Nazi. Adapun proses pengkajian penelitian ini disesuaikan dengan fakta dan data sejarah untuk mengungkapkan bagaimana terbentuknya pola perilaku rasis, berdasarkan pada tragedi penghapusan dan pemusnahan rasial yang sistematis atau tragedi holokaus di Jerman pada saat Perang Dunia II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk nyata perilaku rasis dan diskriminasi terhadap kelompok kulit berwarna melalui sebuah karya sastra, khususnya film. Sedangkan fokus penelitian ini terletak pada Leyna, sebagai pemeran perempuan utama di dalam film, seorang gadis hitam keturunan birasial Jerman-Senegal yang selama hidupnya ditolak untuk hidup berdampingan bersama masyarakat di era kepemimpinan Nazi. Penelitian ini menggunakan teori Representasi Stuart Hall, Teori Ras Kristis Jean Stefancic dan Richard Delgado, serta metode analisis wacana kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Where Hands Touch merupakan sebuah film yang mampu merepresentasikan makna berdasarkan pada dialog dan penggunaan bahasa yang berhasil mengungkapkan isu diskriminasi terhadap ras dan etnis, serta perilaku ras yang dilegalisasi berdasarkan aturan hukum dan peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan ketetapan partai Nazi di tahun 1933-1945. Hasil studi lain juga menunjukkan bahwa selama hidupnya, Leyna berhasil menunjukkan bahwa ia mengalami 6 macam bentuk rasisme menurut Teori Ras Kritis, yaitu everyday experience, material determinism, social construction, differential racialization, intersectionality dan voice of color.

Kata Kunci: Representasi, Rasisme, Diskriminasi Ras dan Etnis, Film, Where Hands Touch, Teori Ras Kritis.

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:52
Last Modified: 06 Feb 2024 03:52
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item
View Item