Pembuatan Kampanye "Suara Dari Kain" di Instagram Guna Meningkatkan Ketertarikan Generasi Z Terhadap Kain Batik

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Priscillia, Jeanneta and Pricilia, Anastasya Diva and Utami, Sinta Retno (2023) Pembuatan Kampanye "Suara Dari Kain" di Instagram Guna Meningkatkan Ketertarikan Generasi Z Terhadap Kain Batik. UGP-Non thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era serba digital, generasi Z lebih tertarik dengan fashion luar negeri dibandingkan produk lokal karena edukasi mengenai kain batik yang masih kurang. Berdasarkan hasil pra-riset, generasi Z mengetahui kain batik, tetapi jarang untuk mengenakannya. Generasi Z dominan menggunakan kain batik saat acara formal saja. Suara Dari Kain merupakan kampanye mengenai kain batik yang dilakukan di media sosial Instagram. Oleh karena itu, kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan generasi Z mengenai penggunaan kain batik Indonesia, yang dapat dimodifikasi dengan gaya masa kini dan menginformasikan sejarah kain batik dari beberapa kota di Indonesia. Dalam proses pembuatan karya, pembuat karya menerapkan tahapan-tahapan proses perencanaan menurut Venus. Kampanye yang dibuat berbentuk konten-konten kreatif dengan menggunakan fitur-fitur Instagram. Dengan adanya kampanye ini, mayoritas generasi Z yang merupakan followers Suara Dari Kain telah mengetahui mengenai sejarah batik di Indonesia dan sebagai referensi pemakaian kain batik yang dapat dimodifikasi dalam aktivitas sehari-hari. Generasi Z termotivasi untuk terus melestarikan warisan budaya khas Indonesia, dan dapat menjadi referensi untuk pihak lain yang ingin membuat kampanye serupa agar lebih baik lagi.

Kata kunci: Kampanye, Instagram, Media Sosial, Generasi Z, Kain Batik

Item Type: Thesis (UGP-Non thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:20
Last Modified: 06 Feb 2024 07:20
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item
View Item