Hidayat, Astra Shada (2023) Analisis Konten Dakwah TikTok Ustadz Abi Azkakia untuk Pemain Mobile Legends sebagai Followers. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam era digital ini, media sosial telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling populer, khususnya di kalangan generasi muda. TikTok, sebuah aplikasi berbagi video pendek, telah menjadi salah satu platform terbesar dan paling populer
di dunia. Salah satu pengguna TikTok yang cukup terkenal adalah Ustadz Abi Azkakia, yang menggunakan platform ini untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan dengan metode dakwah yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konten dakwah dari Ustadz Abi Azkakia di TikTok yang mengandung komunikasi persuasif yang ditujukan kepada pemain Mobile Legends menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan analisis data sekunder. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi persuasif Ustadz Abi Azkakia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap khalayak sasaran, terutama di kalangan Generasi Z. Metode dakwah yang digunakan Ustadz Abi Azkakia berpotensi menciptakan
komunitas online yang berbagi kesamaan minat, yaitu agama dan video game. Metode ini memfasilitasi diskusi dan pertukaran ide tentang topik keagamaan, mempererat ikatan antar anggota masyarakat, dan menyesuaikan pesan dengan
minat generasi muda. Metode dakwah yang dilakukan Ustadz Abi Askakia meningkatkan penerimaan pesan-pesan agama, membangun identitas dan komunitas online, dan memiliki
potensi debat antar generasi. Dengan demikian, komunikasi persuasif Ustadz Abi Azkakia memberikan dampak positif bagi para pemain Mobile Legends, khususnya di kalangan Generasi Z, dengan menyesuaikan pesan dengan minat mereka, meningkatkan penerimaan pesan agama, membangun komunitas online, dan memfasilitasi debat antar generasi. Studi ini menyoroti pentingnya menggunakan
strategi komunikasi yang inovatif untuk menjangkau audiens yang lebih muda dan menciptakan komunitas online yang menarik.
Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Ustadz Abi Azkakia, TikTok, Mobile Legends, Metode Dakwah, Komunitas Online, Penerimaan Pesan Agama, Strategi Komunikasi.
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:38 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:38 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2419 |