Cantika, Maharani Ayu (2023) Strategi Program Lapor Pak! TRANS7 dalam Meraih Rating dan Share di Era Digital. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Lapor Pak! merupakan salah satu program acara komedi situasi yang tayang perdana pada tanggal 22 Februari 2021 di TRANS7. Lapor Pak! sebagai program yang lahir di era digital menghadapi tantangan baru, tidak hanya bersaing dengan program TV nasional lainnya namun juga berhadapan dengan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi program Lapor Pak! dalam meraih rating dan share di era digital dengan menggunakan teori ekologi media. Selain itu, peneliti juga menggunakan konsep strategi program yang dikemukakan Peter Pringle untuk menganalisis proses produksi program Lapor Pak!. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada pengelola program Lapor Pak!, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lapor Pak! merencanakan kontennya dengan sangat matang, termasuk pemilihan tema, konsep, dan bintang tamu. Produksi serta eksekusi program juga dilakukan dengan penuh strategi, dan melakukan evaluasi ketika performa program terdeteksi menurun. Selain itu, peneliti menemukan bahwa data share program Lapor Pak! belum memenuhi standar yang telah ditetapkan TRANS7.
Kata kunci: strategi program TV, era digital, rating dan share
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 06:25 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 06:25 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/2440 |